Gula semut untuk kesehatan – Gula merupakan bahan yang hampir selalu ada sebagai pelengkap makanan maupun minuman. Tanpa adanya gula, maka makanan serta minuman di rasa kurang lengkap. Rasa manis yang dihasilkan dari gula, menambah rasa nikmat terhadap sesuatu yang kita konsumsi. Sehingga hampir tidak mungkin kita terhindar dari gula dalam kehidupan sehari-hari. Namun kabar buruknya adalah mengkonsumsi bahan yang sangat manis yang dihasilkan dari gula, dapat memicu munculnya penyakit diabetes. Tentunya hal ini membuat seseorang harus lebih memperhatikan kadar gula yang dikonsumsi setiap harinya.

Cek Juga : Toko EkaFarm

Namun, bagi anda yang menderita penyakit diabetes. Masih bisa loh menikmati rasa manis dari gula. Salah satu caranya adalah dengan mengganti gula biasa dengan gula yang lebih sehat yaitu gula semut. Gula semut merupakan alternatif gula yang bisa dikonsumsi tanpa khawatir dengan penyakit diabetes. Pasalnya gula semut juga bisa dikonsumsi oleh penderita penyakit diabetes.

Gula semut sendiri merupakan gula yang berasal dari nira kelapa yang diolah secara sehat dan berbentuk serbuk seperti gula pasir namun warnanya lebih kecoklatan. Kandungan gula semut berupa indeks glikemiks yang rendahlah yang menyebabkan gula semut aman dikonsumsi penderita diabetes. Seperti sebuah penelitan yang dilakukan oleh Dr. Trinidad P. Trinidad PhD, dari lembaga riset pangan dan nutrisi Filipina, bahwa gula semut merupakan pemanis yang sangat aman jika dibandingkan dengan jenis pemanis yang lain.

Gula Semut Untuk Kesehatan

Indeks glikemik yang sangat rendah pada gula semut merupakan kadar angka yang menunjukkan banyaknya glukosa dari makanan ataupun minuman yang kita konsumsi yang mampu menimbulkan peningkatan gula dalam darah. Dengan kata lain, gula yang memiliki indeks glikemik tinggi maka terkandung banyak sekali glukosa dan sebaliknya yang memiliki indeks glikemik rendah maka terkandung sedikit glukosa. Semakin tinggi indeks glikemik dalam gula maka semakin cepat pula glukosa dalam gula terserap dalam tubuh. Sehingga memicu penyakit diabetes.

Seorang peniliti yaitu Prof. Dr. Bambang Setyaji dari Universitas Gadjah Mada, menyebutkan bahwa indeks glikemik dalam gula semut / nari kelapa sangatlah rendah karena dominan molekul maltosa dan galaktosa. Sehingga dibandingkan gula tebu, gula semut memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dan tentunya lebih aman dikonsumsi penderita diabetes.

Karena gula semut untuk kesehatan memiliki kandungan yang sangat bagus untuk menjaga tubuh dari penyakit diabetes. Maka mulai banyak orang-orang yang mengganti gula biasa/tebu dengan gula semut. Bahkan di luar negeri, banyak sekali masyarakatnya yang lebih memilih gula semut untuk memenuhi rasa manis. Tidak hanya kandungan indeks glikemiks yang rendah saja, akan tetapi nira kelapa sebagai bahan gula semut juga memiliki kandungan lainnya yang sangat bagus untuk tubuh diantaranya seperti asam amino, protein, sodium, potassium, sodium dan fosfor. Dengan berbagai macam nutrisi yang terdapat di gula semut untuk kesehatan ini, maka saatnya anda mencoba gula semut untuk kesehatan anda.

Cara Belanja : Klik Kontak Kami!

Loading...
Facebook Messenger for Wordpress