Pengertian gangguan makan –¬†Makan merupakan aktifitas wajib yang harus dilakukan oleh semua manusia untuk memenuhi segala kebutuhan tubuh. Dengan makan yang teratur, maka tubuh memiliki asupan nutrisi yang cukup sehingga dapat menjalankan aktifitas sehari-hari dengan penuh semangat. Namun, bagaimana jadinya jika seseorang mengalami gangguan makan?

Gangguan makan tentu saja dapat menimbulkan berbagai macam hal negative pada kesehatan. Sebab, seseorang yang mengalami gangguan makan biasanya memiliki kebiasaan untuk mengkonsumsi makanan secara berlebihan atau sebaliknya yaitu membatasi mengkonsumsi makanan secara ekstrem.

Salah satu gajala munculnya gangguan makan adalah keinginan seseorang untuk memiliki tubuh sekurus mungkin, sehingga melakukan berbagai tindakan ekstrem untuk menjaga berat tubuhnya seperti diet ekstrem, olahraga berlebihan serta mengkonsumsi obat penahan lapar. Jika sudah mengalami gangguan makan yang parah, maka dapat memicu berbagai macam penyakit lainnya.

Pengertian Gangguan Makan dan Macam-Macam Gangguan Makan

Terdapat beberapa macam gangguan makan yang biasanya dialami oleh seseorang, diantaranya sebagai berikut :

  • Anoreksia nervosa

Anoreksia nervosa merupakan gangguan makan yang ditunjukkan dengan barat badan yang terlalu rendah. Penderita akan sangat takut apabila berat badannya bertambah meskipun sangat sedikit.  Bahkan orang yang mengalami gangguan ini mengupayakan segala cara supaya memiliki badan yang kurus, seperti misalnya menjalankan diet ekstrem, mengkonsumsi obat penghilang hawa nafsu makan dan olahraga yang terlalu berlebihan.

  • Bulimia nervosa

Penderita gangguan makan jenis ini biasanya akan kehilangan kendali saat mengkonsumsi makanan sehingga dirinya akan berulang kali mengkonsumsi makanan dalam porsi yang banyak, namun setelah itu makanan yang dikonsumsi dikeluarkan kembali dengan cara dimuntahkan atau menggunakan obat tertentu. Hal tersebut dilakukan supaya kalori dalam tubuh bisa dikurangi sebanyak mungkin. Penderita akan merasa malu dan takut apabila berat badannya berlebihan.

Selain beberapa gangguan makan yang telah saya sebutkan diatas, ada beberapa macam gangguan makan lainnya yang juga sering menyerang seseorang, diantaranya gangguan makan berlebihan, pemakan segala, rumination disorder dan restrictive food intake disorder.

Beberapa jenis gangguan makan diatas bisa diatasi dengan cara memberikan terapi secara rutin kepada penderita. Terapi yang bisa diterapkan ada dua macam yaitu terapi perilaku kognitif dan terapi interpersonal. Meskipun bisa diobati, akan tetapi terapi yang dilakukan tidak bisa memberikan hasil yang singkat dan cepat. Perlu waktu hingga tahunan untuk memulihkan penderita gangguan makan. Selama proses terapi, pastikan penderita mulai menerapkan pola makan yang sehat dengan mengkonsumsi jenis makanan sehat seperti buah-buahan, sayuran, Beras Diet produksi Eka Farm dan lain sebagainya. Mengganti beras putih biasa dengan beras diet yang diproduksi oleh eka farm merupakan salah satu tindakan terbaik untuk menjaga pola makan selama proses terapi.

Loading...
Facebook Messenger for Wordpress