Beras Merah Untuk Diabetes – Banyak hasil penelitian menyimpulkan bahwa kandungan nutrisi dalam beras merah jauh lebih tinggi dibandingkan beras putih. Kebutuhan kalori harian tubuh cukup terpenuhi dengan segelas nasi beras merah karena sudah mengandung 216,45 kalori. Lalu beras untuk diabetes yang mana?

Berikut beberapa zat penting yang terkandung dalam beras merah dan sangat dibutuhkan tubuh untuk tetap sehat.

Kandungan Beras Merah

Zat Antosianin
Beras merah memiliki kandungan zat antosianin yang memiliki peranan penting bagi kesehatan, seperti antikanker, antihipertensi, antioksidan dan antihiperglikemik. Senyawa ini juga menjadikan merah pada kulit ari.

Serat Dan Minyak Alami
Kandungan serat dan minyak alami ini terdapat pada kulit ari beras merah. Dalam semangkok beras merah, kandungan seratnya mencapai 3,5 gram. Serat ini berfungsi untuk mencegah sembelit, memberikan rasa kenyang yang lama dan membantu proses pencernaan.
Sedangkan pada minyak alami terdapat asam lemak alfa-linolenat yang berkhasiat untuk menurunkan kolesterol jahat (LDL).

Mineral
Beras merah mempunyai kandungan mineral yang sangat banyak seperti mangan, kalsium, selenium, fosfor, kalium, zat besi dan magnesium yang sangat tinggi. Dalam semangkok beras merah mengandung magnesium 84 mg sedangkan nasi putih cuma 19 mg.

Vitamin
Kandungan vitamin B1 kompleks pada beras merah jauh lebih tinggi dibandingkan beras putih. Seperti thiamin, riboflavin, vitamin B-6, folat dan niacin.

Protein Dan Karbohidrat
Beras merah mengandung protein sebanyak 7,5mg/100 gram dan karbohidrat 77,6g/100 gram.

Asam Amino
Zat asam amino pada beras merah sangat banyak, beberapa diantaranya adalah asam amino triptofan dan Gamma-aminobutyric acid (GABA).

Namun, ada cara tertentu yang harus dilakukan untuk mendapatkan GABA tersebut, yaitu sebelum beras merah dimasak, harus direndam dalam air hangat terlebih dahulu selama 20 jam agar kandungan enzim, GABA dan asam amino lainnya bisa didapat.

Beras Merah Untuk

Memperlancar proses metabolsime dalam tubuh. Karena beras merah ini mengandung serat tinggi, sehingga menjadikan metabolisme tubuh anda menjadi lancar.


Membuat seseorang merasa cepat kenyang. Beras merah mengandung karbohidrat kompleks, sehingga bagi anda yang mengonsumsinya bisa merasa cepat kenyang dalam waktu yang cukup lama. Dengan demikian berat badan anda akan tetap stabil. Sangat cocok bagi anda yang menjalankan program diet.


Mengontrol gula dalam darah. Beras merah ini kerap di jadikan pengganti beras putih bagi penderita penyakit diabetes karena mengandung karbohidrat rendah, namun tetap menghasilkan tenaga banyak.
Penangkal radikal bebas karena mengandung zat antioksidan.

Baca Juga
Makanan paling sehat untuk penderita diabetes
Solusi Tepat untuk penyakit diabetes

Halo. Mau pesan atau ada yang ingin dibantu? Chat WhatsApp di sini.
Powered by