Penyakit maag merupakan salah satu penyakit yang mudah kambuh. Agar penyakit maag tidak meyerang setiap saat apalagi saat sedang melakukan kegiatan, maka ada beberapa tips gaya hidup sehat pengusir maag.

Baca Juga: Nasi khusus penderita diabetes

Gaya Hidup Sehat Penderita Maag


1.Menjaga Pola Makan

Mengupayakan agar pola makan sehari-hari dilakukan secara teratur pada jam yang sama agar asam lambung tidak naik. Memperhatikan jam makan merupakan hal yang sangat penting karena penyakit maag lebih rentan muncul pada orang yang tidak memiliki jam makan yang teratur. Gaya hidup sehat pada penderita maag harus memastikan pola makan yang terdiri dari makanan yang seimbang dan menyehatkan.

2.Menjaga Porsi Makan

Porsi makan yang kecil berarti lebih sedikit makanan yang masuk ke perut pada suatu waktu, sehinga mengurangi terjadinya refluks asam lambung. Lebih baik makan sedikit namun teratur daripada makan banyak namun tidak teratur. Menjaga porsi makan ini adalah gaya hidup agar tidak makan terlalu banyak dan makan dengan terburu-buru.

3.Menghindari Makanan Dan Minuman Pemicu Sakit Maag

Makanan yang pedas merupakan makanan yang memicu terserangnya penyakit maag. Bahkan makanan dan minuman yang terlalu asam seperti kopi, alkohol maupun minuman bersoda juga akan memicu sakit maag. Jenis makanan dan minuman seperti ini snagat mudah untuk merangsang produksi asam lambung sehingga bisa menyebabkan luka pada lambung.

4.Mencukupi Kebutuhan Air Minum

Mencukupi kebutuhan air putih bagi tubuh untuk membantu tubuh tetap beraktifitas dengan maksimal dan optimal. Mengusahakan mengonsumsi 1-3 gelas air putih saat bangun tidur, sebelum makan serta sebelum tidur.

5.Mengurangi stres

Stres yang berlebihan akan menganggu pikiran seseorang sehingga akan memicu seseorang untuk tidak makan apapun karena tidak memiliki nafsu makan. Ketika tidak ada nafsu makan seperti halnya memberikan ruang untuk lambung menjadi kosong. Ketika lambung kosong maka memicu asam lambung akan naik sehingga akan menyebabkan maag.

6.Rutin Melakukan Olahraga

Gaya hidup yang terakhir ialah melakukan kegiatan olahraga yang rutin, karena tubuh yang terbiasa bergerak karena olahraga akan lebih sehat daripada yang tidak melakukan olahraga. Namun olahraga yang dijalani ringan sehingga tidak membebankan kondisi tubuh yang sudah pernah mengalami penyakit maag. Ini dapat dilakukan dengan berjalan kaki sekitar 30 menit setiap hari. Atau melakukan gerakan ringan di bawah sinar matahari saat pagi hari. Selain itu tubuh juga harus mendapatkan istirahat yang cukup yaitu sekitar 6-8 jam setiap hari.

Itulah beberapa gaya hidup untuk penderita maag agar tidak mudah kambuh sehingga dapat menjalankan segala aktivitas tanpa terhalang sakit maag.

Pencegahaan maag agar tidak kambuh

Halo. Mau pesan atau ada yang ingin dibantu? Chat WhatsApp di sini.
Powered by