Keju Mozzarella – Biasanya saat Anda memotret seseorang atau Anda yang difoto akan ada kata “say cheese’’. Benar bukan? Kenyataannya cheese atau keju memang menjadi makanan yang digemari banyak orang. Sampai-sampai saat berfoto sekalipun kita masih mengingat keju. Ternyata keju yang biasa kita makan memiliki banyak varian. Ada berbagai jenis keju di dunia ini dan salah satunya yang terkenal adalah keju mozzarella. Apa Anda sudah mengetahui keju mozzarella dengan baik? Nikmatnya keju mozzarella sudah tidak dipertanyakan lagi, tapi Anda juga perlu tahu tentang keju mozzarella secara baik lho.

Keju mozzarella mempunyai karakter yang mudah dipotong dan terbuat dari dadih. Negara yang pertama kali memproduksi keju mozzarella adalah negara Italia. Atas dasar itu, setiap mendengar keju mozzarella pikiran Anda pun langsung teringat pada Italia termasuk kelezatan pizza maupun pastanya. Pada mulanya keju mozzarella menggunakan bahan dasar berupa susu kerbau air. Kerbau air penghasil susu diternakkan di sejumlah negara antara lain Italia dan Bulgaria. Meskipun awalnya berbahan susu kerbau, keju mozzarella yang sekarang kita konsumsi sebagian besar menggunakan susu sapi. Memang masih ada juga keju mozzarella yang berbahan susu kambing dan susu domba serta campuran ketiganya. Namun, lebih banyak keju mozzarella yang diproduksi menggunakan susu sapi.

Permintaan akan keju mozzarella oleh masyarakat semakin meningkat karena orang pada era sekarang juga menyukai menu-menu internasional. Setidaknya Italia dan Bulgaria menjadi negara yang diakui oleh komunitas internasional sebagai penghasil keju mozzarella terbaik di dunia. Negara penghasil keju mozzarella yang besar disamping Italia dan Bulgaria yaitu Amerika Serikat, Inggris dan negara-negara Uni Eropa.

Selayang Pandang Mengenai Mozzarella cheese

Keju Mozzarella

Keju Mozzarella

Mozzarella cheese yang tekenal lezat berasal dari kota Naples, sebuah kota di wilayah Campania. Kerbau air mulai diperkenalkan sebagai hewan ternak di akhir pemerintahan Kerajaan Romawi. Lalu, penyakit malaria mulai menyerang wilayah Naples dan sebelum abad ke-18 orang-orang mulai menghuni kota Naples kembali. Kerbau menjadi hewan yang bertahan dari serangan malaria dan orang-orang Naples pun mengembangbiakkan kerbau sebagai hewan ternak lagi. Mereka kemudian menggunakan susu kerbau sebagai pengganti susu sapi dalam membuat produk olahan susu. Susu kerbau dinilai cocok dan menguntungkan dalam pembuatan mentega dan keju termasuk mozzarella cheese. Mozzarella cheese yang berasal dari Naples tersebut selanjutnya menjadi pelopor mozzarella cheese wilayah Campania.

Namun, ada juga versi lain yang  mengatakan jika kerbau dibawa oleh saudagar Arab ke daerah Mesopotamia. Orang-orang Eropa khususnya mereka yang berasal dari Italiamembawa kerbau ke Italia untuk diternakkan. Hingga akhirnya susu kerbau digunakan dalam bahan baku pembuatan mozzarella cheese. Apapun versi yang Anda percayai, mozzarella cheese pertama kali menggunakan susu kerbau karena kerbau diternakkan untuk menghasilkan produk olahan susu.

Pemilihan susu kerbau mempertimbangkan kandungan susu yang kaya nutrisi dan prosesnya yang tidak memakan waktu lama. Untuk menghasilkan mozzarella cheese dari susu kerbau dibutuhkan waktu sekitar 4 jam. Waktu tersebut digunakan dari awal pembuatan mozzarella cheese hingga selesai. Ada 3 jenis susu dalam pembuatan mozzarella cheese. Pertama, mozzarella cheese berbahan susu kerbau yang dipasteurisasi. Kedua, mozzarella cheese berbahan utama susu kerbau yang tidak mengalami pasteurisasi. Susu kerbau yang tidak dipasteurisasi akan lebih baik dikonsumsi pada hari mozzarella cheese tersebut diproduksi. Sebab, mozzarella cheese yang diproduksi dari susu kerbau tanpa adanya pasteurisasi hanya bisa dikonsumsi dalam kondisi segar. Ketiga, mozzarella cheese yang berbahan susu sapi. Umumnya, susu sapi  akan digunakan sebagai bahan utama mozzarella cheese di daerah dimana kerbau menjadi hewan yang cukup langka.

Nikmatnya mozzarella cheese yang Anda konsumsi tidak dipengaruhi oleh jenis susu yang digunakan. Jenis susu yang berbeda hanya mempengaruhi tekstur keju tersebut. Mozzarella cheese yang berbahan susu kerbau memang secara tekstur lebih halus, namun dari segi rasa mozzarella cheese dari susu sapi juga tidak kalah. Petani di Italia menggunakan susu kerbau karena lebih hemat. Misalnya untuk memproduksi 1 pound (453 gram) mozzarella cheese dibutuhkan susu kerbau sebanyak 5 pound saja. Sementara untuk memproduksi mozzarella cheese yang sama, dibutuhkan susu sapi sebanyak 8  pound.

Nikmatnya mozzarella cheese yang kerap Anda santap di restoran dan sebagainya terbuat dari susu yang dicampur dengan rennet dan asam sitrat. Susu yang digunakan bisa susu murni maupun susu skim 2%. Sebaiknya jenis susu yang dihindari adalah susu yang sudah mengalami ultra homogenisasi (UHT). Susu sapi tersebut selanjutnya dipanaskan di dalam panci. Biasanya produsen mozzarella cheese juga menggunakan susu segar yang langsung didapat dari peternakan sapi. Susu segar memiliki kualitas yang baik untuk pembuatan mozzarella cheese. Selanjutnya produsen mozzarella cheese akan menambahkan tablet rennet yang dihancurkan. Tablet rennet (sejenis enzim) berguna untuk membekukan susu. Selain rennet berbentuk tablet, rennet dalam bentuk cairan juga dapat digunakan. Rennet berfungsi untuk memisahkan antara bagian dadih dan air dadih. Biasanya akan ditambahkan juga asam sitrat yang sudah dilarutkan dengan air dan langsung diberikan ke dalam susu. Penambahan asam sitrat membuat dadih yang dihasilkan mudah untuk ditarik-tarik (stretching).

Keuntungan mozzarella cheese yang berbahan susu sapi secara harga memang lebih murah. Namun, dari segi lain seperti tekstur dan tingkat leleh masih lebih baik mozzarella cheese berbahan susu kerbau. Mozzarella cheese yang dijual biasanya akan dilengkapi label sertifikasi apakah keju mozzarella tersebut berbahan susu kerbau atau susu sapi.

Manfaat Mengonsumsi Keju Mozzarella bagi Tubuh

Selain itu, nikmatnya mozzarella cheese yang Anda santap dibedakan menjadi mozzarella cheese segar dan setengah dikeringkan. Mozzarella cheese yang segar biasanya dibentuk dalam ukuran bola-bola dengan berat berkisar 100 gram. Namun, ada juga beberapa mozzarella cheese segar yang dibulatkan dengan berat mencapai 1 kilogram. Untuk menjaga kesegaran, biasanya mozzarella cheese tersebut direndalam dalam larutan air galam atau air dadih. Sedangkan mozzarella cheese yang setengah dikeringkan sifatnya lebih padat dan kenyal. Jenis mozzarella cheese yang biasanya digunakan dalam bahan pembuatan pizza, pasta dan sebagainya adalah mozzarella cheese yang setengah dikeringkan. Karena jenis keju ini akan meleleh dengan sendirinya selama dimasak di suhu yang panas terutama di dalam oven.

Nikmatnya mozzarella cheese yang Anda konsumsi ternyata merupakan sumber riboflavin (vitamin B2). Nah, berita baiknya adalah mozzarella cheese kaya akan riboflavin tersebut. Sebagai bagian dari vitamin B kompleks, riboflavin dibutuhkan oleh tubuh Anda dalam mencegah gejala  penyakit ringan seperti migrain hingga anemia. Riboflavin juga menyediakan properti antioksidan. Peran antioksidan untuk tubuh Anda adalah mencegah kerusakan sel-sel tubuh. Sel tubuh dapat mengalami kerusakan akibat proses oksidasi. Riboflavin melindungi sel-sel tubuh Anda dari kerusakan sel akibat oksidasi tersebut.

Nikmatnya mozzarella cheese akan semakin bertambah besar dengan adanya manfaat dari kandungan vitamin B3 atau niacin. Vitamin B3 memainkan peranan yang penting dalam tubuh Anda. Dengan adanya vitamin B3, tubuh akan mengubah lemak menjadi energi. Energi tersebut dibutuhkan tubuh untuk menjalankan aktivitas. Vitamin B3 juga membantu mengontrol kadar kolesterol jahat (LDL). Fungsi lain dari vitamin B3 adalah mencegah tubuh dari penyakit diabetes dan arthritis.

Mozzarella cheese pun mengandung jenis vitamin B lainnya yaitu vitamin B7 atau yang dikenal dengan biotin. Biotin dapat dengan mudah Anda temukan dalam mozzarella cheese. Biotin mempunyai karakter larut dalam air. Alhasil, tubuh Anda tidak akan menyimpan biotin tersebut namun langsung diserap oleh tubuh. Dengan mengonsumsi mozzarella cheese, Anda dapat langsung mencukupi kebutuhan biotin Anda secara langsung. Terlebih untuk Anda wanita yang sedang hamil, Anda bisa mengonsumsi mozzarella cheese agar terhindari dari kekurangan biotin. Kebutuhan biotin yang tercukupi juga akan menghindarkan kuku Anda dari kerapuhan. Bagi penderita diabetes, konsumsi makanan yang mengandung biotin bisa mengurangi kadar gula darah. Nikmatnya mozzarella cheese yang selama ini Anda konsumsi dapat menguatkan kuku dan mencegah kadar gula Anda cepat naik.

Mozzarella cheese memang mengandung lemak. Namun, jenis lemak yang terdapat dalam mozzarella cheese merupakan lemak yang dapat melarutkan vitamin A, D dan E. Tanpa adanya lemak, vitamin-vitamin tersebut tidak dapat diserap dengan baik oleh tubuh Anda. Vitamin A, D, E sangat diperlukan dalam penyerapan kalsium demi menjaga kesehatan tulang dan melindungi membran sel. Nikmatnya mozzarella cheese ternyata baik juga untuk kesehatan Anda, asalkan Anda mengonsumsinya dalam jumlah yang tidak berlebihan. Lemak mozzarella cheese dibutuhkan, akan tetapi mengingat lemaknya bersifat jenuh perlu ada pembatasan konsumsi mozzarella cheese.

Mozzarella cheese masih dipenuhi dengan mineral lainnya berupa zat seng. Apa saja fungsi zat seng bagi tubuh? Nikmatnya mozzarella cheese yang biasa Anda konsumsi sangat baik melawan beberapa permasalahan kulit. Zat seng sangat berperan dalam mencegah kulit dari berbagai penyakit. Selain itu, zat seng membantu meningkatkan kadarsel darah putih di dalam tubuh Anda. Sel darah putih atau leukosit merupakan sel dari sistem imu yang melindungi tubuh dari penyakit menular maupun gangguan luar. Manfaat mozzarella cheese bagi pria adalah membantu kelenjar prostat tetap berfungsi dengan baik. Zat seng juga mendukung dalam proses pengurangan berat badan berlebih. Mengonsumsi mozzarella cheese ikut mencukup kebutuhan zat seng harian Anda.

Manfaat mozzarella cheese lainnya adalah membuat tulang-tulang Anda bertambah kuat. Nikmatnya mozzarella cheese ternyata sebanding dengan manfaat yang akan Anda rasakan. Mozzarella cheese mengandung kalsium sebanyak 183 miligarm dalam setiap 100 gramnya. Kalsium menjadi mineral yang sangat penting bagi pemeliharaan kesehatan tulang dan gigi. Pertumbuhan tulang yang optimal juga bergantung dari terpenuhinya kebutuhan kalsium. Dengan adanya kalsium, email gigi Anda akan terlindungi. Disamping itu, struktur tulang Anda akan tetap kuat dan sehat. Kalsium tidak hanya baik untuk tulang dan gigi, karena kalsium juga berfungsi menjaga otot-otot jantung Anda dan mengurangi resiko kanker usus. Beberapa ahli pun menyebutkan jika kalsium dibutuhkan dan berkontribusi dalam usaha penurunan berat badan Anda.

Mozzarella cheese merupakan sumber zat fosfor yang sangat baik. Zat fosfor menjadi mineral yang vital dalam membantu penyerapan kalsium makanan. Tanpa adanya zat fosfor, kalsium tidak akan terserap dengan maksimal. Zat fosfor bersama dengan kalsium membantu pertumbuhan dan perkembangan tulang. Peran dari zat fosfor yang tidak kalah pentingnya adalah mengoptimalkan sistem pencernaan dan mendukung fungsi ginjal. Sebagai mineral yang penting, zat fosfor akan mengatasi kelelahan otot dan membantu meningkatkan fungsi otak Anda. Nikmatnya mozzarella cheese ditambah dengan zat fosfor di dalamnya akan sangat disayangkan jika Anda tidak mengonsumsinya.

Minarel lain yang dapat Anda temukan dalam nikmatnya mozzarella cheese ialah potasium. Potasium merupakan mineral yang sangat penting dalam mencegah penyakit yang disebabkan tingginya konsumsi sodium atau natrium. Dengan adanya konsumsi makanan mengandung potasium, tekanan darah Anda dapat berkurang. Mozzarella cheese yang Anda makan dilengkapi dengan kandungan potasium dapat mencegah ritme jantung yang buruk.

Anda pun akan mendapatkan manfaat protein dari keju mozzarella. Keju mozzarella mengandung protein dalam jumlah yang cukup banyak. Dalam 100 gram keju mozzarella, terdapat kandungan protein antara 6-7 gram. Protein mempunyai beberapa fungsi penting untuk tubuh Anda. Dengan adanya protein, tubuh Anda akan tetap berenergi. Kekurangan protein juga membuat Anda kurang enerjik. Selain itu, keju mozzarella juga meningkatkan kekuatan otot-otot tubuh Anda. Protein juga menjaga struktur sel darah merah dan menyediakan properti antibodi untuk melindungi tubuh dari infeksi.  Manfaat protein lainnya adalah mengatur hormon dan enzim dari dalam tubuh. Dengan adanya protein, jaringan di tubuh Anda bisa diperbaiki dan berkembang. Protein yang terdiri dari asam amino dapat dengan mudah Anda temukan dalam keju mozzarella. Keju mozzarella tidak hanya baik memanjakan lidah Anda, namun juga untuk kesehatan Anda.

Cara Memilih Keju Mozzarella

Anda yang selama ini sering berbelanja mozzarella cheese di supermarket tentu sering mengalami kebingungan dalam menentukan apakah mozzarella cheese berkualitas baik atau tidak. Mozzarella cheese yang masih baik akan memiliki segel yang utuh dan tidak terbuka. Pastikan juga mozzarella cheese yang Anda beli belum mengalami perubahan warna dan teksturnya tidak kering. Ciri mozzarella cheese yang masih layak dan baik dikonsumsi teksturnya lembut, halus dan kenyal. Berbeda halnya dengan mozzarella cheese yang warnanya sudah berubah dan teksturnya mengering. Biasanya setiap kemasan mozzarella cheese akan mencantumkan tangal kesegaran. Apa yang dimaksud dengan tangga kesegaran? Tanggal kesegaran ini menunjukkan rentang waktu kapan sebaiknya mozzarella cheese Anda konsumsi. Jika Anda mengonsumsi mozzarella cheese masih segar setelah tanggal produksi, akan lebih baik dibandingkan kalian mengonsumsinya beberapa hari kemudian. Jangan sampai membeli mozzarella cheese mendekat tanggal kesegaran keju habis. Kecuali Anda akan segera mengolah mozzarella cheese tersebut. Memastikan mozzarella cheese yang Anda beli berkualitas baik akan menambah nikmatnya mozzarella cheese yang Anda konsumsi.

Keju mozzarella yang Anda santap semakin bertambah jika Anda menjaga kesegaran dan rasa dari keju mozzarella. Anda bisa menempatkan keju mozzarella Anda ke dalam mesin pendingin. Tetap tempatkan keju mozzarella di dalam wadah aslinya. Melapisi atau memberi kemasan keju mozzarella dengan air segar di luanya akan mencegah keju mozzarella mengering. Jika Anda mau menggunakan keju mozzarella, tinggal keluarkan keju mozzarella dan buang kristal air di luarnya. Bersihkan kemasan pembungkus dan tunggu hingga suhu keju mozzarella kembali ke suhu ruangan.

Mudah bukan tips tentang nikmatnya keju mozzarella tersebut? Mari, rajin mengonsumsi keju mozzarella agar Anda mendapatkan banyak manfaatnya.

Cara Belanja Klik

 

Halo. Mau pesan atau ada yang ingin dibantu? Chat WhatsApp di sini.
Powered by